Kualitas Platinum Dalam Perhiasan

portalteknogeeks.com merupakan media online yang mempunyai visi “Media Informasi Terpercaya”. Dengan misi menyediakan informasi terbaru seputar dunia teknologi, gadget, smartphone, social media, komputer dan seputar teknologi Politik Olahraga Sosial dan lainnya yang di himpun dari berbagai sumber yang bisa dipercaya dan dipertanggung jawabkan.

Hasil gambar untuk Waspadalah: Kualitas Platinum Dapat Bervariasi dalam Perhiasan

Platinum telah menjadi pilihan populer untuk perhiasan karena kekuatan, daya tahan, dan upaya pemasaran industri platinum dalam beberapa tahun terakhir.

Platinum tiga kali lebih mahal daripada emas. Jewellers secara agresif memasarkannya karena mereka mendapat untung tiga kali lipat dari setiap item platinum yang mereka jual dibandingkan dengan emas.

Platinum adalah logam berkilau putih alami yang tahan lama. Terkadang klaim kekuatan dan ketahanan gores terlalu dibesar-besarkan. Seperti semua logam mulia, platinum akan tergores. Gores platinum berbeda dari emas putih karena ia hanya “membajak” logam dan bukannya melepasnya.

Secara tradisional, produsen perhiasan menggunakan platinum yang dicampur dengan logam dari kelompok logam platinum (iridium, osmium, paladium, platinum, rhodium, dan ruthenium).

Dengan campuran yang tepat dari paduan grup platinum ini, platinum menjadi salah satu logam yang paling sulit menjadikannya logam perhiasan yang kuat dan tahan lama.

Platinum tidak akan berkarat atau menimbulkan korosi dan logam keluarga platinum membuatnya hypoallergenic dan ideal untuk orang dengan kulit sensitif.

Pedoman Komisi Perdagangan Federal (FTC) untuk perhiasan platinum menyatakan bahwa hanya item yang terdiri dari 950 bagian per seribu platinum murni yang dapat ditandai dicap “PLATINUM” atau “PLAT” tanpa informasi paduan lebih lanjut.

Dari 750-950 Platinum, logam grup platinum juga harus diindikasikan. Misalnya, PLAT900IRID untuk paduan Iridium 10%. Secara historis, paduan yang paling umum di Amerika adalah 95% Platinum dengan 5% Ruthenium atau 5% Cobalt dan 90% Platinum dengan 10% Iridium.

Ada persepsi salah bahwa platinum 950 lebih baik daripada platinum 900. Namun, platinum murni sangat lembut dan campuran paduan yang tepat adalah yang penting.

Paduan yang berbeda dan persentase yang berbeda menghasilkan hasil yang lebih baik untuk keperluan perhiasan yang berbeda. Beberapa campuran logam bekerja lebih baik untuk casting dan beberapa lainnya lebih baik untuk kerajinan tangan seperti menekuk garpu di sudut berlian yang rapuh.

Banyak pengrajin merasa bahwa PLAT900IRID adalah paduan serba guna terbaik untuk cincin berlian.

Sementara platinum terkenal karena penggunaannya dalam perhiasan, lebih dari 60% platinum digunakan untuk keperluan industri lainnya seperti catalytic converter di mobil dan alat pacu jantung di bidang medis.

Karena kelangkaannya dan permintaan yang meningkat pesat untuk logam serbaguna ini, harganya telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir.

Tingginya harga platinum telah menyebabkan beberapa produsen perhiasan mulai menggunakan persentase lebih rendah dari platinum dan menggunakan logam paduan lain untuk menurunkan biaya perhiasan.

Sayangnya, campuran paduan baru ini mengurangi kualitas yang membuat platinum diinginkan. Paduan baru menghasilkan platinum lebih rapuh yang lebih rentan terhadap kerusakan.

Sebagai contoh, logam yang dicap 585 Platinum benar-benar hanya 58,5% platinum murni dan 41,5% tembaga dan kobalt sehingga lebih cenderung retak, kawah, berubah warna atau mengiritasi kulit sensitif.

Vendor perhiasan yang kurang teliti menghilangkan stempel 585 dan mempersulit situasi, membuat konsumen percaya bahwa logam adalah platinum tradisional berkualitas tinggi.

Secara historis pembeli perhiasan tidak perlu khawatir tentang kemurnian platinum karena logam paduan berada dalam kelompok platinum kualitasnya seragam terlepas dari paduan atau persentase tertentu yang digunakan.

Pembeli perhiasan saat ini berada pada risiko potensial karena platinum dengan kualitas lebih rendah terlihat sama dengan platinum berkualitas lebih tinggi.

Sementara platinum terlihat serupa terlepas dari paduannya, berat campuran paduan berkualitas rendah lebih rendah karena platinum padat jauh lebih sedikit.

Saat ini tidak ada pedoman FTC untuk paduan platinum baru sehingga tergantung pada perhiasan atau penilai untuk membantu konsumen menentukan apakah platinum cocok untuk penggunaan yang dimaksudkan.

Konsumen layak mendapat peringatan jika menjual platinum berkualitas lebih rendah karena mungkin tidak memiliki batu juga dan lebih rentan terhadap kerusakan.

Namun, jangan berharap toko perhiasan yang menjual platinum berkualitas rendah menunjukkan masalah potensial ini. Seperti halnya pembelian penting, terserah kepada konsumen untuk memiliki pengetahuan dan mengajukan pertanyaan yang tepat sebelum melakukan pembelian.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *